Pemikiran manusia tentang budaya

Jumat, 28 Mei 2010

Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani. Jadi menurut saya Budaya di sini sangat erat kaitannya dengan cara dan pola pikir manusia . Dalam tuisan ini saya ingin berbagi pemikiran tentang arti kebudayaan dalam diri manusia .

Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan . Jadi menurut saya bahasa juga merupakan Budaya , karena dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan manusia yang lain . Budaya itu mendorong orang untuk terus berkomunikasi .

Dalam arti budaya sendiri , Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata LatinColere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Budaya juga bisa diartikan suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

0 comment:

Posting Komentar